Rabu, 13 April 2011

UANG DAN STANDAR MONETER

Uang adalah alat pembayaran yang sah untuk melakukan segala transaksi ekonomi. Tanpa uang tidak akan ada transaksi yang terjadi diantara masyarakat, dan jumlah uang yang beredarpun mempengaruhi kemakmuran masyarakat suatu negara.
Peran Bank Dalam Penciptaan Uang
Peranan bank dalam penciptaan uang sangat berpengaruh bagi segala kegiatan ekonomi karena bank memiliki tempat yang sangat penting sebagai lembaga yang mempengaruhi kegiatan perekonomian. Selain itu bank juga merupakan aktor yang mempengaruhi kebijaksanaan moneter pemerintah.
Bank sentral merupakan lembaga keuangan yang menjalankan kebijaksanaan moneter dengan menggunakan berbagai instrument moneter, dengan bank-bank umum sebagai mediator yang mempengaruhi jumlah uang yang beredar di masyarakat yang merupakan sasaran kebijaksanaan moneter.
Keistimewaan bank-bank umum tersebut antara lain :
1. Bank umum memiliki kemampuan menciptakan suatu jenis tabungan yang dapat diambil dengan menggunakan instrument yang disebut cek. Pengambilan tersebut bisa dilakukan dimana saja dan tanpa terlebih dahulu memberitahu bank yang bersangkutan. Instrument penarikan disebut uang giral yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk segala jenis transaksi. Oleh karena itu jenis tabungan ini disebut tabungan giral. Tabungan giral oleh bank umum tidak dapat dilakukan oleh lembaga-lembaga keuangan lainnya termsuk Bank Perkreditan Rakyat.
2. Bank umum memiliki kemampuan mengurangi atau meningkatkan daya beli dalam perekonomian. Bank umum dengan kemampuannya tersebut dapat mempengaruhi jumlah uang yang beredar di masyarakat melalui pemberian kredit kepada nasabah maupun unit-unit usaha yang membutuhkan dana. Namun dalam pemberian kredit tersebut bank-bank umum tidak dapat menggunakan keseluruhan tabungan yang diterima dari masyarakat. Sebagain dari tabungan yang dihimpun tersebut harus disimpan sebagai cadangan likuiditas yang jumlahnya ditentukan oleh penguasa moneter.

Referensi : MANAJEMEN LEMBAGA KEUANGAN, Dahlan Siamat, Intermedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar