Rabu, 13 April 2011

KONSEP DASAR EKONOMI MONETER

PENGERTIAN
Ekonomi moneter adalah ilmu yang mempelajari tentang masalah-masalah yang ada kaitannya dengan lembaga keuangan, uang, lembaga kredit, juga masalah permasalahan mekanisme moneter yang mempengaruhi proses produksi dan bagi hasil kepada masyarakat.
Kebijaksanaan moneter dan perbankan merupakan bagian dari kebijaksanaan ekonomi yang diarahkan untuk mencapai sasaran pembangunan.

SISTEM MONETER
Yang termasuk dalam system moneter adalah bank-bank dan lembaga-lembaga yang ikut menciptakan uang giral. Di Indonesia yang dapat digolongkan ke dalam system moneter adalah :
a. Otoritas moneter yaitu Departemen keuangan dan Bank Indonesia
b. Bank pencipta uang giral (BPUG) yaitu bank-bank yang diperkenankan menerima simpanan giro.
Fungsi pokok system moneter adalah sebagai berikut :
a. Menyelenggarakan mekanisme lalu lintas pembayaran yang efisien
b. Melakukan fungsi intermediasi antara unit deficit dengan unitsurplus
c. Menjaga kestabilan tingkat bunga yang dilakukan oleh otoritas moneter.
System keuangan di Indonesia :

DEWAN MONETER
Dewan moneter merupaka lembaga yang fungsinya membantu pemerintah dalam merencanakan dan menetapkan kenijakan moneter dengan mengajukan patokan-patokan dalam rangka usaha menjaga kestabilan moneter, kepenuhan kesemptan kerja, dan peningkatan taraf hidup rakyat. Selanjutnya dewan moneter memimpin dan mengkoordinasikan pelaksanaan kebijaksanaan moneter yang telah ditetapkan pemerintah.

BANK INDONESIA
Bank Indonesia merupakan lembaga pemerintah yang dibentuk dengan Undang-Undang N0. 13 Tahun 1968 yang berfungsi sebagai bank sentral dan menjalankan tugas pengawasan dan pembinaan bank-bank yang beroperasi di Indonesia.

Referensi : MANAJEMEN LEMBAGA KEUANGAN, Dahlan Siamat, Intermedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar