Rabu, 25 November 2009

Tugas Wawancara UMKM

PELAKU EKONOMI
UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH)
SEBAGAI UJUNG TOMBAK PEREKONOMIAN

PT. ANMY HIDAYAH WISATA
DI
JAKARTA


DISUSUN OLEH : ARIS ARISTY
NPM : 30208184
KELAS : 2 DD 04


UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2009/2010


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karuniaNya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “Pelaku Ekonomi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sebagai Ujung Tombak Perekonomian PT. ANMY HIDAYAH WISATA Di Jakarta”.
Penulisan Makalah ini diajukan dalam rangka memenuhi salah satu syarat untuk penilaian Softskill Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan.
Dalam proses penyusunan Makalah ini, penulis banyak mengalami kesulitan dan hambatan, tetapi pada akhirnya penulis dapat menyelesaikannya. Berkat dukungan serta bantuan dari berbagai pihak walaupun penulisan Makalah ini masih kurang jauh dari sempurna karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan yang penulis miliki. Tetapi penulis juga berharap bahwa dengan segala keterbatasan Makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis dan bagi pihak-pihak yang merasa perlu sebagai bahan perbandingan atau pengembangan penelitian selanjutnya.
Maka pada kesempatan ini perkenankanlah penulis menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada :
1. Bapak Dr Bagus Nurcahyo, SE, MM selaku dosen pengampu softskills.
2. Bapak Nurhadi selaku dosen pengantar ekonomi pembangunan
3. Teman-teman kelas 2 DD 03 dan 2 DD 04 yang memberikan kritik dan saran kepada penulis, yaitu Lisna yang sudah dukung penulis, titi yang sudah memberikan support, dan teman-teman yang lain yang belum bisa disebutkan satu persatu.


Jakarta, November 2009


Penulis


BAB I
PENDAHULUAN

Zaman sekarang ini, persaingan semakin ketat baik dalam hal ekonomi, sosial, budaya maupun gaya hidup masyarakat. Gaya hidup yang semakin modernisasi medorong masyarakat Indonesia untuk memenuhi segala kebutuhannya baik primer maupun sekunder.
Segala kebutuhan itu dapat terpenuhi jika didukung dengan pendapatan masyarakat yang dianggap cukup. Namun, bagaimana dengan masyarakat yang tidak memiliki pendapatan cukup yang untuk keperluan hidup sehari-harinya saja pun harus banting tulang, mencari kesana kemari, bahkan tidak mendapatkan sepeserpun. Berbeda dengan mereka yang mempunyai pendapatan lebih dari cukup.
Hal ini dapat menjadi kesenjangan sosial yang membuat masyarakat kurang mampu menjadi semakin terpojokkan. Maka dari itu dibutuhkan lapangan kerja bagi mereka yang membutuhkannya. Namun, masalah tersebut belm dapat terselesaikan oleh Pemerintah Indonesia sampai saat ini.


BAB II
ASPEK KELEMBAGAAN

2.1 Sekilas Tentang Hidayah Tours & Travel
PT. Anmy Hidayah Tours & Travel adalah perusahaan yang bergerak di Bidang Jasa yang menjual berbagai tiket domestik dan internasional serta melayani tours domestik dan internasional dan perjalanan Haji & Umroh. Seiring berjalannya waktu PT. Anmy Hidayah Tours & Travel yang lebih di kenal dengan Hidayah Tours & Travel ini juga merambah ke bisnis Event Organizer yang menangani Wedding Organizer sampai Birtday Party. Selain itu, Hidayah Tours & Travel juga membuka usaha Rental Mobil dan pembuatan dokument perjalanan. Hidayah Tours & Travel dibuat untuk melayani masyarakat agar lebih mudah untuk melakukan perjalanan. Dan membantu pemerintah dalam mengatasi pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkannya.

2.2 Berdirinya Hidayah Tours & Travel
Hidayah Tours & Travel Berdiri pada 28 februari 2005

2.3 Tujuan Perusahaan
Hidayah Tours & Travel dibuat untuk melayani masyarakat agar lebih mudah untuk melakukan perjalanan. Dan membantu pemerintah dalam mengatasi pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkannya.

2.4 Nama Perusahaan
Nama perusahaan : PT. ANMY HIDAYAH WISATA
Trade merk : HIDAYAH TOURS & TRAVEL
Alamat Perusahaan : JL. H. Naman No. 20C Pondok Kelapa Jakarta Timur 13450
Telepon : 021.8690.2086
Fax : 021.8690.2093
Email : Travel_hidayah@yahoo.com

2.5 Jumlah Karyawan
Jumlah karyawan travel sebanyak 15 orang.

2.6 Penanggung Jawab dan Pengelola
Komisaris : Faradina Reynita Wijaya Kesuma
Direktur Utama : Thomas Edison R.
Direktur : Sukran Abdul Gani

2.7 Struktur Organisasi
Komisaris : Faradina Reynita Widya Kesuma
Direktur Utama : Thomas Edison R.
Direktur : Sukran Abdul Gani
Manajer Operasional : Arlan Apriana Saputra
HRD : Yuliana dan Iin Parlina
  • Driven : Nanin, Agus, dan Dadan
  • Masanger : Zaenal
Keuangan : Toto Tohadi
Ticketing : Pangki, Dita, dan Sarlin
Kasir : Lulu

2.8 Legalitas














BAB III
ASPEK USAHA

3.1 USAHA POKOK
Usaha pokok yang dijalankan adalah produk dengan menjual tiket domestik dan internasional; tour domestik dan internasional; tour umroh dan haji; travel dokumen; dan rental mobil.
Tiket domestik adalah suatu produk berupa tiket pesawat dari beberapa air lines air lines yang ada di Indonesia dengan tujuan domestik dan internasional.
Tour domestik adalah suatu produk berupa paket wisata domestik dan internasional. Contoh tour domestik adalah paket wisata ke Bali, Yogya, dll. Sedangkan, tour Internasional adalah paket wisata ke Bangkok, Thailand, Malaysia, dll.
Travel dokumen adalah suatu produk pengurusan travel dokumen seperti paspor, visa dll.
Umroh dan haji adalah suatu produk perjalanan haji dan umroh.
Rental mobil adalah suatu produk berupa penyewaan mobil dengan sistem bulanan.

3.2 MARKETING
Marketing yang dilakukan pada PT. Anmy Hidayah Wisata adalah dengan membuat proposal penawaran dan sales marketing langsung menawarkan ke perusahaan-perusahaan dengan mempresentasikan produk-produk yang dijual.


BAB IV
ASPEK MANAJEMEN KEUANGAN

4.1 Modal Awal
Saat pertama kali perusahaan beroperasi, modal awal yang dibutuhkan adalah :
1. 1 set komputer Rp 5.000.000
2. Printer Rp 750.000
3. Mesin Fax Rp 850.000
4. Telepon Rp 1.000.000
5. AC Rp 5.000.000
6. Meja Rp 3.500.000
7. Kursi Rp 5.000.000
8. PABX Rp 750.000
9. Sewa Gedung Rp 20.000.000
Jumlah Rp 41.850.000

4.2 Biaya Produksi / Bulan :
Karena usaha yang dijalankan dalam bidang jasa Ticketing, maka tidak ada biaya-biaya yang biasa digunakan dalam bidang dagang. Biaya produksi yang selalu ada setiap bulannya adalah :
1. Biaya Telepon Rp 850.000
2. Biaya Listrik Rp 850.000
3. Biaya Internet Rp 850.000
4. Biaya Tenaga Kerja Rp 15.000.000
Jumlah Rp 17.550.000


BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
PT.Anmy Hidayah Tours & Travel merupakan perusahaan yang bergerak di Bidang Jasa yang berdiri pada 28 Februari 2005 yang menjual berbagai tiket domestik dan internasional serta melayani tours domestik dan internasional dan perjalanan Haji & Umroh juga merambah ke bisnis Event Organizer yang menangani Wedding Organizer sampai Birtday Party. Selain itu, Hidayah Tours & Travel juga membuka usaha Rental Mobil dan pembuatan dokument perjalanan.
Dengan diadakannya usaha ini secara tidak langsung membantu pemerintah dalam mengurangu angka kemiskinan yang dapat membuka lapangan pekerjaan.

5.2 Saran
Dengan usaha ini yang semakin lama semakin berkembang diharapkan mampu membuka cabang lain yang mampu merekrut pekerja baru lagi.

1 komentar: